Surabaya & Jawa Timur

LETAK GEOGRAFI DAN HISTORIS

 

Jawa Timur merupakan provinsi yang berada di bagian timur Pulau Jawa, dengan Surabaya sebagai Ibu Kota Provinsinya. Luas wilayahnya mencapai 47.922 km² dan jumlah penduduknya mencapai 42.030.633 jiwa pada sensus penduduk 2017. Wilayah Jawa Timur berbatasan langsung dengan Laut Jawa di utara, Samudera Hindia di selatan, Provinsi Jawa Tengah di barat dan Selat Bali dibagian Timur.


Penduduk Jawa Timur heterogen, tidak hanya berasal dari satu suku saja. Mayoritas penduduk Jawa Timur adalah Suku Jawa. Suku Jawa menyebar hampir diseluruh Jawa Timur daratan. Suku Madura mendiami Pulau Madura dan daerah Tapal Kuda (Jawa Timur bagian timur) terutama di pesisir utara dan selatan. Selain itu juga ada Suku Bawean, Tengger, Samin, Osing, dan beberapa suku lain seperti Tionghoa, Arab, India.


Bahasa resmi yang digunakan adalah Bahasa Indonesia, namun juga ada bahasa daerah yang digunakan di Jawa Timur, yakni Bahasa Jawa yang dituturkan oleh sebagian besar Suku Jawa sebagai bahasa sehari-hari. Selain Bahasa Jawa, di Jawa Timur juga mempunyai beberapa bahasa daerah lain yang digunakan, seperti Bahasa Madura, selain itu juga terdapat bahasa Malangan, Bahasa Tengger, Bahasa Osing

KESENIAN & BUDAYA

 

Dari segi kesenian dan kebudayaan, Jawa Timur mempunyai kesenian yang khas yakni Ludruk. Kesenian ludruk merupakan salah satu kesenian yang cukup terkenal yakni sebuah seni panggung yang umumnya seluruh pemainnya adalah laki-laki. Berbeda dengan ketoprak, ludruk lebih menceritakan kehidupan sehari-hari rakyat jelatah yang dibumbui dengan unsur humor dan kritik sosial yang umumnya dibuka dengan pertunjukan tari remo dan parikan . Ludruk biasa dijumpai di daerah Surabaya, Mojokerto dan Jombang.


Selain itu ada juga kesenian Reog yang merupakan kesenian khas dari Ponorogo yang telah dipatentan sejak tahun 2001. Reog kini menjadi icon kesenian Jawa Timur. Pementasan Reog disertai dengan Jaran Kepang (Kuda Lumping). Selain itu, seni tari tradisional lain di Jawa Timur adalah Tari Serimpi, Tari Gambyong, Tari Serimpi, Tari Bondan, dan Kelana.

SEJARAH KANTOR PERWAKILAN BANK INDONESIA PROVINSI JAWA TIMUR

 

Sejarah Kantor Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur secara de jure Bank Indonesia Surabaya lahir bersamaan dengan diberlakukannya UU No. 11 Tahun 1953 tentang Undang-Undang Pokok Bank Indonesia pada tanggal 1 Juli 1953. Secara historis keberadaan KBI Surabaya dapat diruntut sejak zaman Hindia Belanda yaitu pada saat masih bernama De Javasche Bank Agentschap Soerabaja. Pada tahun 1928 Direksi De Javasche Bank membentuk “Komisi Surabaya” yang ditugaskan untuk mengkaji mengenai kemungkinan pendirian Kantor Cabang Surabaya dan pada tanggal 14 September 1829 De Javasche Bank Surabaya didirikan.


Sejak awal pendirian Kantor Cabang Surabaya menempati gedung dengan status sewa. Baru pada tahun 1912 mempunyai gedung sendiri di Jl. Garuda Surabaya. Gedung sempat dikuasai oleh Pemerintah Kolonial Jepang tahun 1942. de Javasche Bank mulai beroperasi kembali tanggal 6 April 1946, sejak dinasionalisasi Bank Indonesia Surabaya masih menempati kantor di Jl. Garuda Surabaya. Baru pada tahun 1973 KBI Surabaya menempati gedung baru di Jl. Pahlawan 105 Surabaya.

RUMAH ADAT JOGLO - JAWA TIMUR

 

Rumah adat merupakan salah satu ciri kebudayaan yang dimiliki oleh bangsa Indonesia yang masing-masing daerah mempunyai ciri khas yang membedakan antara satu dengan lainnya. Rumah adat Provinsi Jawa Timur sendiri dikenal dengan nama Rumah Joglo. Joglo mempunyai dasar filosofi yang tidak jauh beda dengan yang ada di Jawa Tengah. Filosofinya berupa makna pengaruh agama Islam, Hindu, dan Budha yang menjadi satu dan mengakar pada bangunan itu.


Rumah adat Joglo dikenal dengan bentuk limas dengan atap nan megah. Sebutan Joglo dimaksudkan untuk atapnya yang besar dengan mengambil stilasi model gunung. Pada awalnya Joglo dibangun untuk menunjukkan strata sosial dalam masyarakat. Mayoritas Rumah Joglo dimiliki oleh para bangsawan dengan salah satu tujuannya untuk menerima tamu dengan jumlah yang besar. Namun setelah adanya perkembangan zaman, joglo diidentitaskan sebagai rumah adat yang boleh dimiliki oleh semua orang.


Rumah Joglo mempunyai keunikan tersendiri dibandingkan dengan rumah adat lain. Salah satunya adalah bahan pembuatan yang digunakan terbuat dari kayu jati.

MENGENAL KAIN BATIK DARI JAWA TIMUR

 

Batik asal Jawa Timur mengalami perkembangan agak lambat dibandingkan dengan batik yang berasal dari Jawa Tengah maupun Yogyakarta. Keterlambatan itu disebabkan karena di Jawa Tengah dan Yogyakarta mempunyai patron dari kalangan keraton sehingga motifnya selalu ada inovasi. Padahal batik Jawa Timur juga mempunyai motif yang tidak kalah uniknya dibandingkan dengan daerah lainnya.


Batik Jawa Timur mempunyai motif yang lebih bebas dan tidak terikat oleh pakem motif yang sudah ada sebelumnya. Ragam hiasnya bersifat naturalis dan dipengaruhi oleh kebudayaan asing. Warna yang digunakan tanpak lebih cerah.


Batik Jawa Timur sebenarnya tersebar merata di seluruh wilayah Jawa Timur. Hanya ada 5 daerah dimana batik lebih banyak ditemukan, antara lain Madura, Tuban, Sidoarjo, Tulungagung, dan Banyuwangi.

MAKANAN KHAS JAWA TIMUR

Makanan khas Jawa Timur pada umumnya bercita rasa pedas dan menggunakan bumbu seperti terasi dan petis. Beberapa makanan yang wajib dicoba saat ke Jawa Timur.



Rujak Cingur merupakan makanan khas yang berbahan dasar irisan daging mulut sapi (cingur) yang ditambah dengan lontong, bengkoang, tahu tempe dan sayuran kemudian disiram dengan bumbu petis.



Makanan lain yang khas adalah Rawon, Rawon mempunyai ciri khas kuahnya yang berwarna hitam pekat yang diperoleh dari kluwek. Dengan tambahan nasi yang dan taburan bawang goreng dan toge serta tambahan telur asin



Sate merupakan makanan khas Jawa Timur yang berasal dari Madura. Sate berbahan dasar daging ayam, sapi maupun kambing yang dibakar menggunakan arang batok kelapa.



Makanan khas lainnya yakni Bebek Sinjay, terletak di Pulau Madura, Bebek Sinjay mempunyai ke khas-an pada sambal pencitnya yang sungguh menggoda. Ditambah dengan penggunaan bumbu rempah yang rasanya tidak diragukan lagi.

MENGENAL POTENSI WISATA JAWA TIMUR



Wisata Gunung Bromo merupakan wisata alam yang terkenal di Jawa Timur. Wisata ini masuk ke dalam 10 Destinasi Wisata Bali Baru yang di gagas oleh Kementerian Pariwisata Republik Indonesia. Ketika anda berkunjung ke Gunung Bromo, akan disuguhkan pemandangan berupa matahari terbit

 



Tugu Pahlawan merupakan icon dari Jawa Timur, terletak di kota Surabaya, Tugu Pahlawan dibangun untuk mengenang peristiwa perjuangan Bangsa Indonesia khususnya Kota Surabaya dalam mengusir Penjajah.



Pantai Pasir Merah Banyuwangi merupakan salah satu destinasi yang cukup diminati belakangan ini karena keindahan alamnya yang mempesona. Yang unik adalah adanya bukit yang terpisah dari pantainya.



Jika anda mencari tempat wisata yang bukan hanya berisi permainan Jatim Park adalah tempatnya. Disini anda tidak hanya disuguhkan permainan saja melainkan juga wisata edukatif seperti museum satwa dan binatang purbakala.

CINDERAMATA KHAS JAWA TIMUR




Selain olahan makanan, kerajinan anyaman ini cocok dijadikan buah tangan ketika berkunjung ke Jawa Timur.

 



Brem merupakan oleh-oleh khas dari Madiun yang terbuat dari fermentasi ketan hitam yang hanya diambil sarinya saja dan diendapkan selama kurang lebih sehari semalam.



Almond Crispy merupakan salah satu oleh – oleh khas kota pahlawan. Cemilan yang tipis dan renyah ini cocok sebagai teman minum teh atau kopi di sore hari.



Spiku atau Spikoe berasal dari bahasa Belanda yaitu dari kata Spekkoek yang mempunyai arti kue lapis. Kue Lapis ini dikembangkan sejak zaman penjajahan Hindia – Belanda.



Sambal Bu Rudy merupakan salah satu produk yang dicari oleh wisatawan. Sambal ini memiliki variant Ikan Peda, Sambal Bawang, dan Sambal Bajak Terasi.



Wingko Babat merupakan makanan khas dari Lamongan yang terbuat dari bahan kelapa dan mempunyai rasa gurih dan manis. Saat ini wingko juga tersedia dalam aneka varian rasa.



Bakpao dan Bakpia Telo, salah satu makanan khas olahan dari bahan telo yang diolah dengan berbagai rasa.



Tahu Kuning merupakan makanan khas yang berasal dari Kota Kediri, warna kuning yang diperoleh berasal dari rendaman kunyit. Tahu Kuning mempunyai tekstur lebih padat dibandingkan Tahu Putih sehingga tidak mudah hancur ketika dipotong.

WISATA KULINER JAWA TIMUR



Berkunjung ke Pulau Madura tak lengkap jika tidak mencoba Nasi Bebek Sinjay. Dengan daging yang empuk, gurih dan sambal yang khas.

 



Wisata Kuliner yang harus dicoba apabila berkunjung ke Surabaya adalah Ice Cream Zangrandi. Sangat cocok dengan cuaca kota Surabaya yang panas.



Rujak Cingur Ahmad Jaiz yang berada di Kota Surabaya ini cukup terkenal walau harganya yang murah tetapi soal rasa pasti tidak akan menyesal, apalagi bumbu khas yang diberikan.



Bagi anda pecinta makanan pedas, tak salah jika mengunjungi rumah makan ini. Nasi Goreng Jancuk yang ada di Surabaya Plaza. Nasi goreng dengan rasa yang ekstra pedas akan memberikan sensasi tersendiri ketika menyantapnya.



Soto Lamongan merupakan makanan yang sudah terkenal hingga ke berbagai kota khususnya di Jawa Timur. Salah satunya adalah Kedai Soto Cak Har, dengan kuah yang lebih gurih dan kental serta beberapa pilihan menu seperti jerohan, ceker, daging ayam.

LAYANAN PUBLIK

1 KEPOLISIAN
 
Polda Jatim – (031) 8280748

Polrestabes Surabaya – (031) 3523927

Polres Pelabuhan Tanjung Perak – (031) 3293023

Polsekta Simokerto – (031) 3765505

Polsekta Kenjeran – (031) 3813011

Polsekta Tambaksari – (031) 5034662

Polsekta Sukolilo – (031) 5947887

Polsekta Rungkut – (031) 7312046

Polsekta Gubeng – (031) 5674704

Polsekta Tenggilis Mejoyo – (031) 5947887

Polsekta Pabean Cantikan – (031) 3520073
2 RUMAH SAKIT
 
RS Bhayangkara HS Samsoeri Mertojoso – (031) 8292227

RS Dr Soetomo – (031) 5501078

RS William Booth – (031) 5678917

RS Siloam – (031) 99206900

RS Angkatan Laut dr Ramelan – (031) 8438956

RS Bedah – (031) 5999369

RS Premier – (031) 5993211

RS Husada Utama – (031) 5018335

RS Brawijaya – (031) 5668343

RS Mitra Keluarga – (031) 7345333
3 LAIN-LAIN
 

Bandara Internasional Juanda Surabaya – (031) 2986200

Terminal Purabaya – (031) 8530192

JADWAL WAKTU SHOLAT

SURABAYA DAN SEKITARNYA

WAKTU 6 Nov 2019 7 Nov 2019
8 Nov 2019
9 Nov 2019
SHUBUH
03.41 WIB
03.41 WIB
03.41 WIB

03.40 WIB

DHUHUR

11.16 WIB

11.16 WIB

11.16 WIB

11.16 WIB

ASHAR

14.32 WIB

14.32 WIB

14.33 WIB

14.33 WIB

MAGHRIB

17.26 WIB

17.26 WIB

17.26 WIB

17.27 WIB

ISYA'

18.38 WIB

18.39 WIB

18.39 WIB

18.40 WIB